Related Post:

Contoh Makalah Studi Kelayakan Bisnis/Entrepreunership | BSI

ini contoh dari kelompok kami



MAKALAH
STUDI KELAYAKAN BISNIS
ENTREPREUNERSHIP
Tahun Ajaran 2012/2013




Disusun Oleh :
-     -   Agus Susilo
-      -   Hendri Setiawan
-       -  Ilham Saputra
-        - Sumiyati
-         -Yani Sri Mulyani
Kelas : 12.1G.14


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER (AMIK – BSI)
BINA SARANA INFORMATIKA
Kampus E5 : Jl. Ahmad Yani No. 98 Karawang

RANGKUMAN EKSEKUTIF
·       Tentang Produk
       Produk yang kami buat adalah produk makanan yang diberi nama “SOGUMI” atau sosis gulung mie. Bahan utama dari pembuatan SOGUMI adalah Sosis dan Mie. Proses pembuatan dari SOGUMI yaitu sangat mudah, mulai dari menggulungkan mie yang sudah diresbus ke Sosis, setelah itu diberi tepung bumbu, kemudian digoreng dan siap di sajikan
·       Tentang Pemasaran
              Produk yang kami buat sangat diminati dikalangan pelajar, oleh karena itu kami distribusikan disekitar lingkungan sekolah. Sistem penjualan produk ini dengan dititipkan dikoperasi area sekolah, tentunya dengan pertimbangan harga dari kami ke koperasi dan dari koperasi ke konsumen.
·       Tentang Kekurangan Produk
       Kekurangan produk yang kami hasilkan adalah proses penjualan yang sekali habis, jadi kami membuat produk pada hari yang ditentukan dan pada hari yang sama produk yang kami buat harus habis karena makanan ini hanya bertahan sehari saja. Oleh karena itu, kami mempertimbangkan berapa banyak produk yang harus kami buat dalam satu hari.




iv
 
 
KATA PENGANTAR


          Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang bertema “STUDI KELAYAKAN BISNIS”

         Makalah ini berisikan tentang informasi mengenai Kewirausahaan/Entrepreunership atau yang lebih khususnya membahas Studi Kelayakan Bisnis usaha kami dalam membuat produk SOGUMI. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua bagaimana cara berwirausaha yang baik dan benar.

          Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

         Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Karawang, 01 November 2012
                                           

                                                         Penyusun




iii
 
 


DAFTAR ISI
Cover
Rangkuman Eksekutif...................................................................... iv
Kata Pengantar................................................................................ iii
Daftar Isi.......................................................................................... ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1     Latar belakang..................................................................................1
1.2     Maksud Dan Tujuan.........................................................................1
1.3     Uraian Rencana Perusahaan.............................................................1
1.3.1       Waktu Pelaksanaan Dan tempat Usaha..................................1
1.4     Keadaan perusahaan saat ini............................................................2
1.4.1       Waktu Pelaksanaan dan Lokasi.............................................2
1.4.2       Komoditi yang akan direncanakan dlm rangka                  perluasan................................................................................2
BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
    2.1 Tinjauan Umum.................................................................................3
    2.2 Tinjauan Tentang pasar sasaran.........................................................3
    2.3 Luas dan Potensi Permintaan.............................................................3
    2.4 Tinjauan Tentang Kinerja Pemasaran Yang Lalu Dan Persaingan..3
    2.5 Strategi dan Program Pemasaran..................................................... 3
             2.5.1 Kebijakan dan penetapan harga..............................................4
             2.5.2 Kebijakan tentang Produk, Distribusi dan Promosi................4
           


BAB III
ASPEK MANAJEMEN DAN ORGANISASI
3.1 Sistem Manajemen dan Struktur Organisasi Perusahaan.......................5
3.1.1  Informasi Tentang Partner......................................................5
3.1.2  Peranan dan Tanggung Jawab Anggota..................................5
BAB IV
ASPEK EKONOMI DAN KEUANGAN
4.1 Total Biaya Modal Kerja.......................................................................6
4.2 Pembelian bahan....................................................................................6
4.3 Penjualan Produk...................................................................................6
4.4 Bagi Hasil Keuntungan..........................................................................6
4.5 Perkiraan Omset....................................................................................6
BAB V
ii
 
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1 Kesimpulan............................................................................................7
5.1.1 Aspek pasar dan pemasaran.....................................................7
5.1.2   Aspek Manajemen Dan Organisasi.......................................7
5.1.3   ASPEK  EKONOMI DAN KEUANGAN............................7
5.2 Saran......................................................................................................8
Lampiran-Lampiran.....................................................................................9
Dokumentasi................................................................................................11







BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar belakang
Gagasan Ide dari latar belakang perusahaan ini adalah  untuk mencari peluang usaha di kalangan masyarakat terutama diwilayah sekolah. Karena usaha yang dijalani adalah produk makanan ringan yang dibuat secara rumahan. Produk ini di minati kalangan pelajar karena harganya relatif murah dan terjangkau.

1.2   Maksud Dan Tujuan
Maksud dari usaha yang kami jalankan adalah untuk belajar bagaimana cara berwirausaha yang baik, mulai dari pembuatan produk, pemasaran dan mengatur keuangan. Selain itu juga, untuk mencari keuntungan dan memenuhi tugas dari mata kuliah Entrepreunership.

1.3   Uraian Rencana Perusahaan
Perusahaan yang kami dirikan bersifat Produksi rumahan, dan tentunya produk yang kami buat dibuat secara manual

1.3.1   Waktu Pelaksanaan Dan tempat Usaha
Nama dan alamat perusahaan (tempat usaha)
    - Sogumi (sosis gulung mie)
    - Jln. Raya kosambi I RT/RW 22/06 No.49 Des.Duren                      klari-  Karawang
 Nama dan alamat pemilik
    -Ilham saputra
    - Jln. Raya kosambi I RT/RW 22/06 No.49 Des.Duren klari-Karawang
 Nama dan alamat Penanggung jawab
    -Hendri Setiawan
    -Jln. Raya kosambi I RT/RW .20/06 No.95 Des.Duren klari-Karawang




1.4   Keadaan perusahaan saat ini
Keadaan perusahaan cukup stabil karena usaha yang dijlankan berjalan lancar. Produksi kami sejenis produksi rumahan yang dibuat secara manual, jadi kami saling bekerja sama menjalankan usaha ini.

1.4.1 Waktu Pelaksanaan dan Lokasi
          Waktu Pelaksanaan
         
Waktu Pelaksanaan
Lokasi Pemasaran
10 Oktober 2012
Koperasi sekolah SMAN 1 Klari & Al’ianah
11 Oktober 2012
Koperasi sekolah SMAN 1 Klari
12 Oktober 2012
Koperasi sekolah SMAN 1 Klari & Al’ianah
15 Oktober 2012
Koperasi sekolah SMAN 1 Klari & Al’ianah
16 Oktober 2012
Koperasi sekolah SMAN 1 Klari
17 Oktober 2012
Koperasi sekolah SMAN 1 Klari  & Al’ianah

1.4.2 Komoditi yang akan direncanakan dlm rangka                  perluasan
Penambahan Lokasi Usaha yag akan diperbanyak, selain itu kami akan berkreasi lagi dalam produk makanan yang sebagian besar diminati oleh Pelajar.
















BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

2.1    Tinjauan Umum
                   Agar Pemasaran semakin baik maka kami harus banyak mempromosikan produk kami, contohnya melalui media online atau lebih efektif melalui mulut ke mulut.

2.2    Tinjauan Tentang pasar sasaran
          2.2.1 Segmen Pasar Potensial
                   Selain produk kami dipasarkan dikalangan pelajar, produk kami juga dipasarkan ke tempat yang ramai dikunjungi orang-orang, contohnya dipinggir jalan, tempat hiburan dan lain-lain.

2.3    Luas dan Potensi Permintaan
                        Potensi permintaan yang tinggi dari produk yang kami buat adalah dikalangan pelajar dan anak-anak disekitar lingkungan pembuatan produk.

2.4.
Tinjauan Tentang Kinerja Pemasaran Yang Lalu Dan Persaingan
                   Persaingan produksi kami sangat ketat, karena produk kami di tempatkan dikoperasi sekolah yang tentu saja banyak produk lain yang diperjualkan. oleh karena itu kami memfasilitasi produk kami, Misalnya dengan menyediakan  saos dan bungkus untuk SOGUMI agar konsumen lebih menikmati produk kami.

2.5    Strategi dan Program Pemasaran
                        Program pemasaran dari produk yang kami buat adalah dengan sistem penitipan produk ke koprasi sekolah, jadi kami tidak secara langsung menjualnya ke konsumen. Tentunya dengan memperkirakan harga jual dari kami ke koprasi , dan koprasi ke konsumen.





2.5.1 Kebijakan dan penetapan harga
                   - Harga mula Jual ke Koperasi sekolah ;
                             Rp. 1800,00-
                   - Harga jual ke konsumen ;
                             Rp. 2000,00-

          2.5.2 Kebijakan tentang Produk, Distribusi dan Promosi
Produksi yang kami buat  harus diperkirakan jumlah produksinya, karena jenis produk kami adalah Jenis makanan tanpa bahan pengawet yang harus habis dalam satu hari. Pendistribusian produk kami diantar oleh bagian pengantar dari salahsatu kelompok kami. Sistem promosi produk kami promosikan ke teman disekolah, melalui media online (facebook dan blog).



























BAB III
ASPEK MANAJEMEN DAN ORGANISASI

3.1     Sistem Manajemen dan Struktur Organisasi Perusahaan

            3.1.1 Informasi Tentang Partner
Kami bekerjasama dengan Pembina koperasi sekolah di SMAN  1 KLARI, Dkk.

3.1.2           Peranan dan Tanggung Jawab Anggota
          1. Pemilik tempat usaha
                   - Ilham Saputra
2. Pembuatan Produk
                   - Yani Sri mulyani
                   - Sumiyati
3. Delivery Order
                   - Agus Susilo
          4. Bendahara dan Product Promotions
                   - Hendri Setiawan





















BAB IV
ASPEK EKONOMI DAN KEUANGAN

4.1    Total Biaya Modal Kerja
Biaya modal dari usaha yang kami jalankan adalah dari investasi/penanaman modal 5 orang atau 1 kelompok.

4.1.1    Proyeksi Aliran Kas
                                    Modal Awal usaha       : Rp.10.800 @5orang
                                                                        = Rp. 54.000

4.2    Pembelian bahan
          Di lampirkan

4.3    Penjualan Produk
          Di lampirkan

4.4    Bagi Hasil Keuntungan
          -Modal awal :
                                      Rp.10.800 x 5 = Rp.54.000
          -Keuntungan Penjualan selama 6hari :
                             Rp. 264.400 : 5 = Rp.52.880/orang
-Keuntungan Bersih (keuntungan-modal awal) :
                    Rp. 52.880 – 10.800 = Rp.42.080/orang

4.5           Perkiraan Omset

-Rata-rata Penjualan Selama 6 hari
           Rp 264.400 : 6 = Rp.44.066/hari

-Omset Perbulan :
           Rp.44.066 x 30 = Rp 1.321.980








BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1     Kesimpulan

          5.1.1 Aspek pasar dan pemasaran
Sasaran Produk kami yaitu dipasarkan atau di jual dikalangan pelajar dan anak-anak, karena produk makanan kami sangat di minati oleh kalangan tersebut. Segi promosi produk kami tawarkan mulai dari orang yang dikenal disekitar lingkungan sekolah juga ditawarkan di media online facebook.
         
          5.1.2 Aspek Manajemen Dan Organisasi
Pengatur manajemen mulai dari pembuatan, pengiriman dan keuangan dari produk kami diatur oleh kelompok kami sendiri yang berjumlah sebanyak 5 orang. Dan partner kami yaitu pembina koperasi di sekolah SMAN 1 Klari atau tempat di jualkan/disalurkn ke konsumen secara langung.

          5.1.3 ASPEK  EKONOMI DAN KEUANGAN
Biaya modal dari usaha yang kami jalankan adalah dari investasi/penanaman modal 5 orang atau 1 kelompok.
                   Modal Awal usaha         : Rp.10.800 @5orang
                                                = Rp. 54.000
         
-Keuntungan Penjualan selama 6hari :
                             Rp. 264.400 : 5 = Rp.52.880/orang

-Keuntungan Bersih (keuntungan-modal awal) :
                              Rp. 52.880 – 10.800 = Rp.42.080/orang








5.2    Saran
                   Dalam hal berbisnis kita harus mempertimbangkan segala sesuatunya, baik itu dalam usaha mikro atau usaha makro. Pertama yang harus diantisipasi adalah peluang dari usaha itu sendiri, misalkan dari segi produk kita harus tahu apa yang sedang populer atau banyak diminati masyarakat sebagai konsumen. Dari segi pemasaran kita juga harus mengetahui produk yang kita buat paling sering diminati/dicari dilingkungan tertentu. Dalam hal keuangan kita juga harus melakukan pencatatan agar dapat mengetahui perkembangan usaha yang kita jalani, misalnya dari modal, laba ataupun kerugiannya dalam berusaha.






























LAMPIRAN-LAMPIRAN

4.2       Pembelian Bahan
           
Tgl
Nama Bahan
Banyaknya
Harga
10/10/2012
Mie
½ kg
7000

Telur
¼ kg
4000

Sosis
2 Pc
22000

Saus
1 Buah
2000

Sajiku
3 Setc
6000

Minyak sayur
1 kg
10000

Masako
3 Setc
1000

Print surat
2 Lembar
2000
TOTAL
54000
11/10/2012
Sosis
4 Pc
44000

Mie
½ kg
7000

Telur
¼ kg
4000

Sajiku
2 Setc
4000
TOTAL
59000
12/10/2012
Minyak sayur
1 kg
10000

Saus
3 Buah
5000

Masako
3 Setc
1000

Telur
¼ kg
4000

Sajiku
2 Setc
4000

Isi ulang gas
1 tabung
15000
TOTAL
39000
13/10/2012
Sosis
2 Pc
22000

Minyak sayur
1kg
10000

Mie
½ kg
7000
TOTAL
39000
16/10/2012
Sosis
2 Pc
22000

Saus
5 Buah
5000

Sajiku
1 Pak
22000
TOTAL
49000
17/10/2012
sosis
2            pc
22000

Minyak sayur
1kg
10000

telor
2
2000
TOTAL
34000

                       







4.3     Penjualan Produk
                   Penjualan Produk Sogumi selama 6 hari
Tgl
Modal (M)
Penjualan
Keuntungan
JP-M
Kerugian
Terjual
Sisa
Jumlah/JP
10/10/12
54.000
30x1800
-
54.000
70.000-54.000
= 16.000



8x2000
-
16.000

11/10/12
59.000
70x1800
10
126.000
126.000-59.000
= 67.000
10x1800= 18.000
12/10/12
39.000
38x1800
-
68.400
84.400-39.000 = 45.400



20x800

16.000

15/10/12
39.000
36x1800
-
79.200
79.200-39.000 = 40.200



18x800
-


16/10/12
49.000
56x18.000
-
100.800
100.800-49.000 = 51.800

17/10/12
34.000
38x1800
-
68.400
78.000-34.000 = 44.000



12x800
-
9.600

TOTAL KEUNTUNGAN
Rp. 264.400








·        DOKUMENTASI

-         Proses Pembuatan Produk “SOGUMI”

                   Gb. Proses menggulung mie pada sosis

                                   Gb. Proses menggoreng

-         Produk  “SOGUMI”



-         Konsumen





 Download file eks. MS word 2010 >>> 
Cover, Kata pengantar dan daftar isi>>
Isi>>

Download file Ms Power poin 2010 >> 










5 komentar:

  • Heni Suhaeni Full Colour says:
    November 17, 2012 at 8:01 PM

    Perasaan Kenal tuh ?

  • rico ade mandana says:
    January 15, 2013 at 8:35 AM

    wah ternyta hanya memerlukan biaya yang sangat sedikit ya, potensial sekali usahanya :)

  • Hendri Setiawan says:
    January 16, 2013 at 7:17 AM

    iya dong, gak perlu modal yg cukup besar untuk berbisnis, asal kita mampu melihat peluang saja,

  • Arif Jati Furniture says:
    December 23, 2013 at 12:34 PM

    sukses buat usahanya sob..makalahnya bisa buat contoh referensi
    thank's

  • Anonymous says:
    April 10, 2014 at 9:28 PM

    slm knl mas, sy mhn ijin referensi mklhnya y bwt tugas kuliah. btw sy jg d'bsi mas

Post a Comment

Silahkan Komentar sobat !
Komentar sobat sangatlah berharga bagiku.
Insya Allah saya komentar balik
thanks